nilai matematika dasar Semester Pendek

2014
07.15

Berikut adalah nilai lengkap MK Matematika Dasar Semester Pendek :

Matematika Dasar MAM 1101 Klas B

Untuk Konfirmasi silahkan datang ke ruangan sy. Maksimal tgl 16 Juli 2014 Pukul 12.00.

Nilai Kimia Organik

2014
07.10

berikut adalah nilai kimia organik :

Nilai Kimia Organik THP (kelas A, D, G, J, Q, R) SRD dan SDW

Nilai Teknik Bioseparasi

2014
07.01

Berikut adalah nilai UAS, beserta rekapan tugas utk MK Teknik Bioseparasi TA 2013/2014 Kelas B, H, K :

Nilai BIOSEPARASI-B-DWI+SRD

Nilai BIOSEPARASI-H-DWI+SRD

Nilai BIOSEPARASI-K-DWI+SRD

Komplain / konfirmasi nilai dilayani di ruangan sd hari kamis. Lembar jawaban ujian juga dapat diambil di ruangan saya.

Regards,

Shinta

Nilai Kimia Dasar II / Kimia Organik

2014
06.24

berikut adalah nilai Kimia Dasar II / Kimia Organik TA 2013/2014 :

Nilai Kimia-Dasar II-Kelas-E-Genap-2013.xls

Konfirmasi nilai silahkan datang ke ruangan sy. Thanks.

Etika berkomunikasi (SMS atau e-mail)

2014
05.30

Dear all my students,

Apakah kalian pernah mengirim kepada saya dan tidak saya balas? Jawabannya mungkin karena smsnya kurang sopan, dikirim di saat yg tidak tepat, tanpa memberikan identitas, dan masih banyak lg alasan lainnya. Ada beberapa tipe sms yg pernah sy terima.

 

1.        tipe tanpa identitas :

“Ibu ada di mana???? ”

“Bu, ibu ada di mana sekarang? Hari ini ke kampus gak bu?”

“Ibu dimana? apakah ibu ada di ruangan?”

“bu, saya mau konsultasi. ibu bisa ditemui jam berapa ?”

“Selamat sore bu, sekarang bu shinta ada di ruangan?”

“bu, blognya dipassword, passwordnya apa?”

“bu, kisi-kisi ujian untuk besok pagi apa?”

 

Jika anda hanya menuliskan maksud anda “ibu, saya mau ketemu”, dosen anda tentu bingung ini sms dari siapa? tukang kredit? petugas asuransi? sales buku? kolega bisnis? atau mahasiswa?

 

2.      tipe memerintah :

“Bu saya … dari kelas … Boleh minta slide kuliah gak bu? Kirimin ke email aja ya bu, makasih…”

“Bu. Nilai mata kuliah XXX saya belum keluar. Kapan nilainya diupload”

“bu, sy X, mau ujian susulan, kira-kira kapan bisa ujian? Bisa minta ujian susulan UTS sekarang apa tidak bu?”

“Buk, saya X, Kelas XX, 1234567890. Saya mau tanya tentang nilai MK KP yang Ibuk upload di website UB Ibuk. Nilai tugas saya kok tidak ada ya? Padahal, saya udah ngumpulin semua tugas. Tolong infonya lebih lanjut. Terima kasih.”

 

dosen pada umumnya orang yang usianya lebih tua dari anda, jadi, jangan memerintahkannya untuk melakukan sesuatu seperti anda ngobrol dengan teman anda. anda bisa memintanya dengan gaya yang lebih sopan. misalkan : saya membutuhkan slide kuliah ibu untuk bahan belajar, dimana saya bisa mendapatkannya bu?

 

3. tipe alay :

“SoRe bu..ApA be5ok 4da kul!ah Ga’ ea?”

“Oowh gitchu ya buk…., mu u cih bingits ya buk….”

 

bagi mahasiswa, tulisan 4L4y mungkin lucu dan menarik, tapi bagi dosen, tentu butuh waktu khusus untuk mencerna tulisan anda.dan untungnya tidak pernah ada mahasiswa yg mengirim sms dengan tipe alay

 

4.      tipe sok penting

“Bu, ujian susulannya ndak jadi hari ini karena saya masih di luar kota. Besok saja jam 9 ya bu.”
“Bu, ini saya masih ngeprint, tunggu yaa…”

“Bu, sy X yg janjian mau ujian susulan siang ini. maaf bu sy ada ujian jg, bisa ga diganti hari lain?”

 

bagi mahasiswa, jika waktu yang dijanjikan oleh dosen bertabrakan dengan acara lain yang lebih penting, anda bisa membalasnya dengan pilihan bahasa lain, seperti : “maaf bu, untuk jam 2 saya masih kuliah, bagaimana jika setelah jam 3?” Tapi, jika sudah janjian ya sebaiknya tidak membatalkan sepihak kecuali ada kegiatan yg sangat urgent :)

 

Jika Anda pernah mengirim sms dengan bahasa sms di atas, dan tidak sy balas, kira-kira ada beberapa penyebabnya :


1. waktu yang kurang tepat

dosen bukanlah layanan mesin penjawab yg stand-by 24 jam. Jadi jika ingin mengirim sms, kirimkan di jam aktif (07.00-18.00), tidak terlalu pagi, atau kelewat malam.

 

2. cara atau etika kurang baik.

Tipe-tipe sms diatas tentunya merupakan contoh sms yang kurang baik. jika anda mengirim sms dengan salah satu tipe diatas, dan tidak dibalas, maka itu wajar :D

 

3.  HP mati, low batt atau pulsa habis

meskipun anda sudah berbahasa sopan, dikirim pada saat yang tepat, tapi HP dosen lowbatt atau habis pulsa, maka sms anda tidak akan dibalas. tapi saya yakin, jika dosen anda baik, dan sms anda sudah baik, setelah terisi pulsa/energy, dia akan segera membalas sms anda.

 

Bagaimana sms yang baik?

 

1.  dimulai dengan salam

sms yang baik, dimulai dengan salam. Tuliskan assalamu’alaikum wr wb atau assalamu’alaikum (jangan disingkat : ass, mekum, askum, karena hakikatnya salam adalah doa, jadi jangan disingkat. Dan jangan disingkat dengan “ass”, silahkan di cek di kamus apa artinya :D ), atau selamat pagi, siang, sore…..

 

2.  sebutkan identitas anda

dosen anda bukanlah phone book berjalan. Jadi saya pun tidak akan menyimpan semua nomor telepon mahasiswa di ponsel. Jadi, sebaiknya anda sebutkan identitas anda sesuai dengan keperluan. misalkan : saya Shinta Rosalia, mahasiswa MK X (atau mahasiswa angkatan 20XX), kelas A, tidak perlu menyebutkan NIM :D .

 

3.  tuliskan keperluan anda dengan singkat dan jelas

jangan terlalu bertele-tele, singkat tapi tetap memperhatikan kesopanan. misalkan : hari ini saya ingin bimbingan skripsi, apakah ibu ada waktu?

 

4.  ucapkan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati anda.

Kata maaf tidaklah selalu diucapkan atas kesalahan, tapi juga untung permohonan izin. Mungkin saja ketika kita sms, dosen sedang sibuk. Misalnya anda ingin menelpon dosen, ucapkan “Maaf, apa Ibu bisa saya telpon sekarang?” atau “Maaf, kapan bapak bisa saya telpon?”

ma·af n 1 pembebasan seseorang dr hukuman (tuntutan, denda, dsb) krn suatu kesalahan; ampun: minta –; 2 ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: — , saya datang terlambat; 3 ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: — , bolehkah saya bertanya;

 

5.      akhiri dengan ucapan terima kasih

 

contoh mengirimkan sms yg baik :

Selamat pagi bu, saya XXXXX, mahasiswa angkatan XXX (atau mahasiswa MK XXXX), kelas XXXX, maaf bu, saya mau menanyakan apakah besok ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? terima kasih.

 

 “SMS adalah pesan singkat, kira-kira panjangnya 160 karakter. SMS bukan telegram, juga bukan email, jadi, tuliskan semuanya dalam pesan singkat, tapi tetap menjaga kesopanan”

demikian sekilas info tentang etika ber sms, baik untuk mengirim sms kepada dosen atau kepada orang yang lebih tua.

 

Well, di samping bahasa komunikasi melalui sms, juga ada aturan dalam komunikasi melalui e-mail. Apabila Anda ingin mengirimkan email kepada dosen, atau kepada siapapun, akan lebih baik jika menggunakan bahasa yang baik karena bahasa yang baik menunjukkan etika yang baik dari seseorang. Apabila anda ingin mengirimkan email, baik untuk mengumpulkan tugas, konsultasi atau untuk hal yang lainnya, sebaiknya begini.

  1. Apabila anda ingin mengirimkan tugas kuliah, jangan hanya mengirimkan attachment tanpa redaksional. Nah bagaimana menuliskan redaksionalnya? Tidak perlu basa-basi yang panjang. Tapi singkat dan jelas pada inti masalahnya.
  2. Tuliskan kepada siapa kita akan mengirim email. Misalnya : Yth Bu Shinta, atau Dear Ms XXX
  3. Ucapkan salam, misalkan assalamualaikum wr wb, selamat siang, selamat pagi
  4. Seperti pada sms, anda sebaiknya menuliskan identitas anda, misalnya : saya, shinta rosalia, mahasiswa kelas XXX
  5. Kemudian tuliskan keperluan anda. Misalnya : Berikut saya kirimkan tugas mata kuliah teknik bioseparasi. Dst…
  6. Akhiri dengan terimakasih
  7. Jangan lupa tuliskan salam penutup, misalnya :

Hormat saya

Shinta

 

Atau

Best regards, atau Regards

Shinta

 

Seseorang yang beretika baik, akan dipandang hormat oleh orang lain. Komunikasi yang baik, melalui sms maupun e-mail mencerminkan etika seseorang dalam berkomunikasi. Saya menuliskan ini bukan karena “gila hormat”, hanya supaya kita semua terbiasa beretika baik dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan, karena komunikasi penting dalam dunia kerja nanti. Semoga Bermanfaat. Love U, all :)

“CHANGE YOUR ATTITUDE, CHANGE YOUR LIFE”

Nilai Perubahan Kimia Selama Proses

2014
04.30

Berikut adalah rekapan nilai tugas, kuis dan UTS MK Perubahan Biokimia Selama Proses TA 2013/2014 :

Perubahan Biokimia selama Proses Kelas H

Perubahan Biokimia selama Proses Kelas K

Apabila ada kekeliruan pada nilai Tugas silahkan menemui sy ( No e-mail, No text :D ).

Thanks.

 

Shinta

Nilai UTS Kalkulus 1

2014
04.21

Dear all my students,

Berikut adalah rekapan nilai MK Kalkulus 1 Kelas H, K, dan O :

Kalkulus Kelas H

Kalkulus Kelas K

Kalkulus Kelas O

Silahkan di-check, komplain dilayani sampai hari Rabu/23 April 2014. Komplain/ konfirmasi nilai silahkan menemui saya di ruangan. No text, No call, No email. Thanks.

 

-SRD-

hidup itu penuh dengan pilihan2

2013
01.26

Lain dulu lain sekarang….

Jaman semakin cepat berubah, waktu semakin cepat berjala. Dan perubahan-perubahan itu memberi ampak pada dua sisi, dampak positif dan negatif.Seperti yang selalu banyak orang bilang, “HIdup itu Pilihan”, dan kita sendiri yang akan menentukan arahnya. Sekarang, orang-orang lebih suka dengan yang instan-instan, atau hal-hal yang serba teknologi, karena kenyataannya teknologi memang sangat mempermudah hidup kita.

Dulu semasa aku kecil, belum banyak orang punya komputer, apalagi laptop dan segala gadget-gadget yang sekarang banyak dibeli orang. Dulu, sewaktu aku kecil,permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak seusiaku itu sejenis lompat tali, petak umpet, dakon, bola beke. Agak gede sedikit sudah ada game bot, belum ada PS juga kayanya. Ketika beranjak SMP kelas 3 (kalo ga salah inget) baru ada HP, itu juga ga sekeren dan secanggih sekarang, belum smartphone. Harga perdananya saja masih sangat mahal, ga seperti harga perdana sekarang yang nominalnya lebih murah dari harga segelas jus. Masuk ke SMA sudah mulai kenalan sama teknologi, sebatas chatting, dll. Tapi jaman itu juga belum marak laptop, belum seperti sekarang. Sekarang laptop udah bukan kebutuhan sekunder lagi, tapi sudah seperti kebutuhan primer. Lihat saja, hampir semua orang punya laptop, bahkan anak playgrop aja ada yg punya laptop. Seiring berjalannya teknologi, permainan anak-anak pun bergeser, dari yang permainan sekedar lari2an, atau pake alat sederhana, sekarang anak2 lebih suka mainan gadget, seperti Tablet PC dan lain sebagainya.Perubahan itu yang secara tidak langsung juga merubah pola hidup mereka. “anak sekarang” lebih suka berautis-ria di depan laptop, atau bb, atau tablet, akibatnya cara bersosialisasinya pun kurang, terkadang salah dalam menempatkan diri, dlsbg. Sebenarnya ketika kita bermain dengan orang lain, kita belajar bagaimana bersosialisasi, bagaimana menghormati orang lain, menghargai pendapat atau keinginan orang lain, bagaimana bersikap sopan di depan orang, dst.

Ketika jamannya jadi mahasiswa kalo ada tugas perginya ke perpustakaan, buka textbook yang tebelnya aja bisa pingsan kalo dipake buat nimpuk kucing. Dulu awal jaman kuliah belum ada Wi-fi di sekitar kampus, kalo mau ngenet mesti ke SIC (student internet center), dan kalo lagi rame mesti antri, atau pergi ke warnet. Kalo sekarang teknologi sudah semakin maju, tinggal buka laptop, connect Wi-fi, tersambunglah interne dan bisa googling apa aja. Kalo ada tugas bingung, buka aja google. “Tanya aja sama mbah google”. Karena kenyataannya hampir smua ada. mau cari artikel apa aja gampang, artikelnya banyak,  Instan, cepat, bisa di copy paste pula. :p. Ga perlu repot-repot ke perpustakaan , cari katalog, buka-buka buku, dibaca, mesti ditulis dulu di kertas, terus diketik ulang. Selain itu, sambil cari tugas di internet, masih bisa sambil ber-social networking, bisa sambil buka FB, Twiiter, Plurk, dll. Dan mungkin cuma sedikit yg buka artikel-artikel ilmiah :D

Dan inilah yang melanda kebanyakan anak-anak” jaman sekarang. Mereka lebih suka segala sesuatu yang instan,cepat, mudah dan terpenuhi semua keinginannya. Semua karena fasilitas dan majunya teknologi. Pola seperti ini yang nampaknya berpengaruh besar pada pola hidup mereka.. “Kalo bisa instan dan gampang, kenapa mesti repot-repot”.

Dan itu juga mungkin yang berlaku ketika mahasiswa mau ujian. “Ah, bseok kalo nilai ujiannya jelek kan masih ada remidi” (mungkin ini yg terjadi pada beberapa mahasiswa). “remidinya paling soalnya sama (maaf kalo kesimpulan ini salah, silahkan disanggah :) ). Beberapa hari yang lalu, terdengar percakapan beberapa mahasiswa yang ga sengaja saya dengar :

A : kamu mau ikut remidi ya. Kalo mau remidi itu belajar lagi, nanti ga belajar.

B : paling-paling soalnya sama kaya ujian kemarin

Dan kemudian saya berlalu tanpa tau percakapan berikutnya, dalam hatipun saya menjawab : (kalo gitu paling-paling nilainya sama).

“Kesempatan kedua pastinya akan lebih sulit daripada kesempatan pertama” itu yang selalu saya ingat selama ini. Karena kepercayaan itu bukan hal yang murah, kepercayaan itu sangat mahal, saking mahalnya sampai tidak terbeli. So, mari manfaatkan setiap kesempatan yang ada, karna kita tidak pernah tau apakah akan ada kesempatan kedua atau tidak. Jangan pernah menggampangkan segala sesuatunya, tapi juga jangan buat itu rumit. Just take it easy. Karna “hidup itu penuh dengan pilihan” dan kita sendiri yang akan memutuskan dan bertanggungjawab atas pilihan-pilihan itu. :)

Semnas PERTETA 2012

2012
10.16

Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA) bekerjasama dengan Jurusan Keteknikan Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan Seminar Nasional PERTETA dengan tema “Peran Keteknikan Pertanian dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi yang Berwawasan Lingkungan”, yang akan diselenggarakan 30 November-2 Desember 2012 di Universitas Brawijaya, Malang.

Informasi lebih lanjut  Semnas Perteta

 

Sumber energi baru : Thorium

2012
06.28

Persatuan Insinyur Indonesia masih mengkaji potensi thorium atau nuklir jinak di sejumlah daerah sebagai energi alternatif untuk masa depan.

“Ketersediaan thorium sebagai sumber energi lebih lama dibandingkan dengan energi yang lain. Selain itu, pemanfaatannya bisa mencapai ratusan juta tahun,” kata Wakil Ketua Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia, Bambang Purwohadi, di Jakarta, Kamis (21/6/2012).

Bambang menuturkan, bila rencana tersebut telah terealisasi, diharapkan bisa mendukung kebutuhan energi dalam negeri yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Energi masih menjadi permasalahan utama nasional saat ini, sehingga potensi energi alternatif sangat diperlukan,” ujarnya.

Thorium bisa menjadi energi alternatif karena ramah lingkungan sehingga masyarakat diharapkan tidak khawatir dengan penggunaan energi ini.

“Tenaga nuklir memang dikhawatirkan warga karena tingginya radiasi yang ditimbulkan. Meski thorium merupakan nuklir, tapi ramah lingkungan,” papar Bambang.

Sejauh ini, lokasi potensi energi alternatif di dalam negeri masih dirahasiakan karena masih dalam tahap penelitian.

Sementara itu,  Sekretaris Jenderal Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM PII), Handoko mengatakan, thorium sebagai energi baru bisa diaplikasikan untuk sektor otomotif.

“Diharapkan thorium bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) yang ketersediaannya dinilai semakin menyusut,” katanya.

Sumber : Kompas, Thorium.Digadang-gadang.Jadi.Energi.Alternatif